Kamis, 14 Oktober 2010

Diposting oleh putri marchela di 18.57
Penggunaan Komputer Pada Bidang Kesehatan dan Kedokteran

Perkembangan teknologi pada era ini semakin canggih, terutama dalam dunia IT (Informatic Technologi), perkembangan teknologi memberikan imbas positif dalam berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang kesehatan dan kedokteran.
Pemanfaatan komputer dalam dunia kedokteran, pertama kali digunakan pada tahun 1973 untuk membuat gambar otak, yang menggunakan suatu system bernama CAT (Computerized Axial Tomography). Dan sekarang CAT tidak hanya digunakan untuk membuat gambar otak, melainkan seluruh organ tubuh lainnya juga.
Salah satu pengaplikasian IT dalam bidang kedokteran dengan menggunakan komputer adalah USG (Ultra Sonografi), USG adalah salah satu alat kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonic yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi tinggi (250 kHz – 2000 kHz), dimana hasilnya ditampilkan pada layar monitor.
Komputer digunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit dan menemukan obat yang tepat, komputer juga mempermudah dokter untuk menganalisa organ dalam tubuh manusia tanpa harus melakukan operasi dan juga memudahkan dalam menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit untuk dilihat. Pengawasan keadaan kondisi pasien pun tidak lepas dari penggunaan komputer.
Selain itu bagi para dokter itu sendiri, komputer amat sangat bermanfaat, salah satunya adalah untuk mengupdate segala sesuatu hal yang tentunya berhubungan dengan dunia kesehatan dan kedokteran, kurang lebih 750.000 artikel terbaru dijurnal kedokteran yang dipublikasikan tiap tahunnya.
Komputer juga digunakan untuk administrasi dalam transaksi yang terjadi di rumah sakit, karena tentunya didalam rumah sakit juga terjadi kegiatan transaksi ekonomi, baik dalam registrasi pasien, pembayaran resep obat dan pembayaran-pembayaran lainnya.
Masih banyak tentunya pemanfaatan dan peran komputer di dunia kesehatan dan kedokteran, semoga artikel saya ini dapat sedikit bermanfaat bagi para pembaca.

Referensi :
- (http://kaltarabloggers.aimoo.com/Artikel-Paper-Karya-Ilmiah-Makalah-Tugas-Akhir-TA-Skripsi-Tesis/Peranan-Komputer-dalam-Dunia-Kesehatan-1-1389913.html)
- www.google.co.id (pemanfaatan komputer di bidang kedokteran)

0 komentar:

Posting Komentar

 

princessputri's blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea